Sudah Tahu 5 Pengusaha Muda Indonesia Yang Patut Jadi Teladan Ini?

Di jaman modern saat ini banyak sekali figur figur yang dapat dijadikan teladan untuk memotivasi kita untuk terus berusaha. Sumber pembelajaran berharga seperti ini bukan hanya didapat dari orang orang berusia lanjut yang sudah merasakan berbagai pengalaman hidup. Anda juga dapat belajar dari orang orang muda yang berhasil menggapai impiannya. Inilah 5 pengusaha muda Indonesia yang patut jadi teladan versi www.kindleitalia.net

pengusaha muda elang gumilang

1. Iqbal Azhari

Pemuda kelahiran 11 Juli 1994 ini adalah seorang founder dan CEO yang dia dirikan sorang diri. Perusahaan yang bergerak di bidang properti dan juga digital advertising ini diberi nama PT Kampoeng Properti Group.

Berkat ilmu yang dia dapatkan dari Universitas Sebelas November Surabaya jurusan Statistik dan juga insting bisnisnya yang kuat, Iqbal dapat mendirikan perusahaannya sendiri dengan modal yang nyaris nol. Metode yang dia gunakan mampu menciptakan sebuah sistem baru dan kreatif yang mampu meningkatkan para agen properti yang berkerja dibawah benderanya. Keberaniannya dalam mengambil resiko juga merupakan salah satu hal yang membuatnya berbeda dari teman teman sebayanya.

Kini Iqbal juga mulai melebarkan sayap bisnisnya ke bidang rental kendaraan. Anda dapat melihat jenis jenis usaha yang sedang dia jalankan di situsnya iqbalazhari.com. Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan Iqbal melalui akun pribadi Facebook miliknya.

2. Yasa Singgih

Satu lagi dari 5 pengusaha muda Indonesia yang patut jadi teladan adalah Yasa Singgih. Pria yang dilahirkan di bekasi di tahun 1995 ini sudah memulai bisnisnya di usia belia. Saat itu, keluarganya tengah mengalami masa masa sulit saat ayahnya terkena serangan jantung. Untuk menutupi kebutuhan pribadinya, Yasa bekerja sebagai seorang MC di sebuah mall di Bekasi. Dari penghasilannya sebesar Rp.350,000 setiap tampil, Yasa dapat memenuhi kebutuhannya yang saat itu duduk di bangku kelas 3 SMP.

Di tahun 2012, Yasa mulai serius menggeluti dunia bisnis dengan membuka sebuah kafe yang bernama “Ini Teh Kopi”. Inovasi yang ditawarkan kafenya membawanya pada kesuksesan. Hingga ia memutuskan untuk membuka bisnis baru dalam produksi kaos. Sayangnya di tahun 2013, Yasa mengalami kebangkrutan dan dia harus menutup usahanya. Kerugian yang dia alami saat itu adalah sekitar Rp.100 juta.

Namun, Yasa tidak menyerah begitu saja. Yasa kembali memulai usaha barunya dibidang fashion pria. Tak disangka, Usahanya yang berlabel “Men’s Republic” meraih kesuksesan besar. Hal ini dpat terjadi karena dia mencoba untuk mebuat rencana yang matang sebelum dia mengambil resiko membuka usaha baru.

Kini, Men’s Republic mampu menjual hingga 5000 pasang sepatu dalam sebulan. Yasa bahkan menambahkan beberapa item fashion dalam koleksinya. Yasa sangat yakin bahwa tidak ada batasan usia untuk menjadi seorang jutawan. Itu yang membuatnya terus berjuang hingga mencapai kesuksesannya saat ini.

3. Elang Gumilang

Siapa yang tak kenal dengan sosok pemuda yang satu ini. Dengan kegigihannya Elang mampu membawa perusahaannya, Elang Group, menjadi salah satu perusahaan properti yang diakui di Indonesia. Namun, perjalanan yang dia lalui untuk mencapai kondisi saat ini tidaklah mudah.

Elang telah mengalami berbagai macam kegagalan saat memulai usahanya. Namun hal itu tidak mematahkan semangatnya. Belajar dari kegagalannya, Elang terus mencoba mencari ide bisnis baru dengan peluang yang lebih besar. Saat itulah Elang menemukan peluang usah properti dan perumahan untuk masyarakat menengah ke bawah. Dengan fasilitas yang lengkap, properti murah yang ditawarkan nya dapat laku dengan cepat. Kini Elang berusaha untuk mewujudkan impiannya untuk menciptakan lapangan kerja untuk 100,000 pengangguran di Indonesia.

4. Andrew Darwis

Apakah anda seorang kaskuser? Jika ya, maka anda harus mengenal lebih jauh sosok pencipta forum komunitas daring terbesar di Indonesia ini. Berawal saat dia mengenyam kuliah di Seattle University, Andrew mendapat ide membangun forum komunitas daring yang pertama di Indonesia. Kini, situs KASKUS yang diciptakan ini telah memiliki lebih dari 3 juta anggota di seluruh nusantara.

Pada awalnya, Kaskus dibuat oleh Andrew bersama 2 temannya. Namun setelah 3 tahun tanpa ada profit sama sekali, kedua teman Andrew mundur dari manajemen Kaskus. Tidak berputus asa, Andrew menjalankan forum komunitasnya seorang diri hingga dia bertemu dengan sosok Ken Dean Lawadinata, yang kini menjabat sebagai CEO Kaskus Network.

5. Nadiem Makarim

Salah satu inovator di bidang jasa ini merupakan pendiri sekaligus CEO jasa ojek online pertama di Indonesia, GO-JEK. Dengan niat yang kuat serta ilmu yang dia miliki di bidang IT, Nadiem memulai membangun usahanya sendiri dengan nama GO-JEK.

Dengan iusaha keras, Nadiem mampu menggaet beberapa investor hingga perusahaannya dapat terus berkembang. Kini GO-JEK merupakan pendahulu jasa ojek daring yang paling maju di negeri ini dan telah melayani ribuan pelanggannya di Indonesia.

Masih banyak sosok sosok 5 pengusaha muda Indonesia yang patut jadi teladan selain mereka diatas. Anda dapat memetik banyak ilmu dari usaha yang mereka lakukan. Namun ada dua hal yang perlu anda ingat saat anda mulai menjalankan usaha anda sendiri. Pertama, jadikanlah kegagalan anda sebagai batu loncatan untuk mencapai keberhasilan yang anda impikan. Kedua, carilah rekan kerja yang memiliki tujuan yang sama dengan anda.

Jika anda mampu menjalankan kedua kunci dasar ini, tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang mustahil anda capai. Ingat, pelajari etos kerja para pengusaha muda ini dan PRAKTEKKAN. Jangan sampai ilmu yang sudah anda dapatkan berkarat di kepala anda, tanpa mendapatkan kesempatan praktek. Mencoba dan gagal itu jauh lebih baik daripada tidak pernah mencoba sama sekali.

Leave a Reply