Mengenal Tipe Rumah yang Umum di Indonesia: Ukuran 21, 36, 45,54, 60 Dll

Apakah anda sedang mencari rumah? Jika ya, berarti anda sama dengan saya. Sebenarnya saya merasa kurang sreg dengan judul diatas, mungkin secara singkatnya, judul diatas seharusnya “jenis dan tipe ukuran rumah di perumahan Indonesia”. Tapi, dari pada ribut masalah judul, mari kita bahas saja topik kita kali ini.

rumah perumahan

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer, di samping kebutuhan pangan dan sandang. Secara umum, rumah berarti bangunan untuk tempat tinggal. Namun, rumah sebagai tempat tinggal tentu tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pribadi dan keluarga. Saya paham apartemen sedang naik daun, tetapi memiliki rumah bertanah sendiri lebih menenangkan dan terasa lebih nyaman.

Demi kenyamanan anggota keluarga, Anda sebaiknya memilih tipe rumah yang sesuai dengan kebutuhan—selain disesuaikan juga dengan anggaran. Oleh karena itu, penting untuk mengenal jenis dan ukuran tipe perumahan terlebih dahulu.

Bisnis properti sebagai penyedia kebutuhan perumahan bagi masyarakat memang menyediakan berbagai macam tipe perumahan. Mulai dari sekelas tipe 21-45, hingga tipe 54-120. Untuk mengenal jenis dan ukuran tipe perumahan tersebut secara lebih detail, Anda bisa bertanya kepada pengembang dan tim marketing yang bersangkutan. Namun, Anda juga bisa mengetahuinya lewat tulisan ini terlebih dahulu.

Tipe ukuran rumah di Perumahan

Tipe 21

Berukuran 6 m x 3,5 m, tipe 21 memiliki luas bangunan 21 m2. Ukuran rumah ini dipadukan dengan luas tanah 6 m x 10 m atau 6 m x 12 m sehingga sering disebut juga rumah ukuran 21/60 dan 21/72.

Rumah jenis ini cukup umum ditawarkan pada masyarakat menengah ke bawah dengan penghasilan yang mencukupi. Kebanyakan dihuni oleh pasangan muda, atau malah dijadikan kontrakan oleh pemiliknya. Selain harganya yang murah, ukurannya juga cocok untuk hidup sederhana. Bagaimana tidak, tipe 21 terdiri dari 1 kamar tidur, ruang tamu, dan 1 kamar mandi dengan 1 WC. Sebaliknya, untuk pasangan yang sudah memiliki anak dan punya banyak barang, hunian jenis ini terlalu sempit untuk ditinggali.

Tipe 36

Hampir mirip dengan tipe 21, rumah tipe 36 memiliki 2 kamar tidur; 1 ruang tamu sekaligus ruang keluarga; dan 1 kamar mandi. Ukurannya pun lebih luas, yakni 36 m2—tepatnya 6 m x 6 m, sehingga sering disebut type 36 . Luas tanahnya pun sama, yaitu 60 m2 atau 72 m2, sehingga sering dikenal juga dengan sebutan tipe 36/60 atau 36/72.

Tipe rumah jenis ini sering dipakai untuk kontrakan beberapa mahasiswa atau karyawan sekaligus. Bahkan, rumah jenis ini sering juga dijadikan basecamp, sekretariat atau kantor sederhana yang juga bisa ditinggali. Kelebihannya terletak pada harganya yang cukup terjangkau, tetapi ruangannya lebih banyak dibandingkan type 21.

Tipe 45

Dengan luas bangunan 45 m2, rumah tipe 45 memang cukup nyaman untuk dihuni oleh keluarga kecil. Rumah tipe ini bahkan sering dijadikan hunian tetap di ibu kota. Ada 2 jenis yang sering ditawarkan, yaitu ukuran 6 m x 7,5 m dan 5,6 m x 8 m dengan luas tanah 96 m2., sehingga sering disebut juga dengan rumah tipe 45/96.

Kelebihan utamanya yakni memiliki cukup ruang untuk dijadikan ruang tamu, selain ruang keluarga. Tipe 45 juga termasuk rumah yang sesuai untuk dibangunkan lantai di atasnya sebagai tambahan kamar. Bahkan, dengan luas lahan kosong yang mencukupi, Anda bisa membangun garasi, teras, atau menyisakan halaman untuk keperluan lainnya.

Tipe 54

Tipe 54 termasuk rumah yang umum dihuni oleh masyarakat kelas menengah dan menengah ke atas. Dengan luas bangunan 6 m x 9 m, rumah tipe ini sering ditawarkan oleh pengembang sebagai hunian yang nyaman untuk jangka waktu lama. Rumah tipe ini bahkan bisa dimodifikasi menjadi 2 kamar mandi dan 3 kamar tidur, atau dibangun menjadi 2 tingkat dengan ruang tamu dan ruang keluarga yang besar.

Tipe 60

Rumah tipe 60 biasanya berukuran 6 m x 10 m, sudah terhitung cukup besar untuk masyarakat kelas menengah dan kelas menengah atas. Bahkan, ruangan/lahan yang sedemikian luas memungkinkan untuk dimodifikasi menjadi ruang makan keluarga, halaman belakang, gudang atau tempat untuk menjemur pakaian. Dengan luas 60 m2, sangat cocok jika ingin dibangun menjadi rumah 2 tingkat.

Tipe 72, 90, 100 dan 120

Secara umum, sama dengan rumah tipe lainnya, tetapi dengan ukuran bangunan yang jauh lebih luas. Rumah tipe ini banyak dibeli oleh masyarakat kalangan menengah atas dan kelas atas.

Setelah mengenal jenis dan ukuran tipe perumahan yang umum di Indonesia, barangkali Anda sudah memiliki bayangan ingin memiliki rumah seperti apa. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Reply