7 Hal Positif dari Traveling Ini Akan Membuat Anda Lebih Sehat

Traveling merupakan salah satu hal yang mengasyikan untuk dilakukan. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa hobi traveling hanya membuang buang uang. Tapi tahukah anda jika bertraveling ternyata memiliki manfaat yang besar. Anda dapat memperoleh 7 hal positif dari traveling yang akan membuat diri anda jauh lebih baik. Apa sajakah ketujuh hal positif tersebut? Mari kita simak bersama sama.

manfaat traveling

Asosiasi Travel USA menerbitkan sebuah jurnal pada tahun 2012 mengenai manfaat traveling pada kesehatan. Dan berikut beberapa penjelasannya:

Manfaat yang didapatkan dari traveling antara lain:

Menghilangkan stres

Menjaga kesehatan merupakan sebuah tantangan tersendiri, khususnya bagi mereka yang berusia lanjut. Ternyata, travel dapat menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan mental.

Kegiatan yang dilakukan saat mengunjungi tempat tempat baru ternyata dapat menyalurkan stres yang berlebihan ke dalam bentuk kegiatan fisik. Kegiatan yang menyenangkan selama traveling ternyata mampu membebaskan pikiran dari penatnya rutinitas sehari hari. Hal kecil seperti menikmati suasana rumah atau apartemen baru sewaan bisa meberikan sensasi yang segar.

Mempererat ikatan

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari traveling adalah memperkuat ikatan sosial antara anggota keluarga atau teman. Walaupun banyak yang beranggapan bahwa remaja enggan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, namun dari penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Travel USA membuktikan bahwa traveling bersama keluarga dapat menjadi saat berkualitas untuk memperbaiki komunikasi dan meningkatkan kedekatan dalam keluarga.

Bahkan 93% dari subjek penelitian yang berusia muda tenyata mengungkapkan bahwa traveling bersama keluarga adalah waktu terbaik untuk mendekatkan diri mereka dengan orang tua

Media pembelajaran yang baik

Dalam konteks yang lebih luas, traveling dapat dapat menjadi media pendewasaan bagi seorang individu. Hal ini dikarenakan kita akan dituntut untuk menghadapi setiap masalah yang muncul secara mandiri. Seringkali kita harus memberikan keputusan dengan cepat dan efektif.

Roger Dow, presiden USA Travel Association, mengungkapkan bahwa kegiatan traveling dapat mendorong kita untuk mengenali diri sendiri dan orang lain yang bepergian bersama kita. Dow juga mengungkapkan bahwa traveling mengajarkan kita untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

Sumber pengetahuan baru

Saat kita mendatangi tempat baru, maka kita akan bertemu dengan orang orang baru dan mempelajari budayanya. Semakin lama waktu yang dihabiskan di tempat tersebut, semakin banyak pula pengetahuan yang kita dapatkan mengenai kearifan lokal.

Menjauhkan diri dari penyakit

Dari penelitian yang dilakukan terhadap 12,000 pria, tenyata mereka yang suka bepergian memiliki resiko lebih rendah terhadap penyakit jantung koroner. Penelitian lainnya juga menemukan bahwa wanita berusia di atas 65 tahun dengan hobi traveling memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk kehilangan fungsi kognitif tubuhnya daripada mereka yang tidak suka bepergian.

Melatih jiwa kepemimpinan

Saat bepergian dalam kelompok, biasanya akan ada seseorang yang dipercaya sebagai pemimpin rombongan. Seperti pemimpin lainnya, seorang kepala rombongan dituntut untuk dapat menjaga anggota kelompoknya dari awal hingga akhir perjalanan.

Bahkan dalam kondisi terdesak seperti tersesat atau kehabisan bekal di perjalanan, ketua rombongan akan diminta unhtuk menyelesaikan masalah tersbut. Jadi, secara tidak langsung, traveling dapat menjadi media latihan yang tepat untuk melatih jiwa kepemimpinan anda.

Mood booster

Kesibukan yang kita alami setiap hari seringkali berpengaruh pada mood kita. Pada akhirnya kinerja kita akan menurun sehingga tidak dapat melakukan pekerjaan kita dengan maksimal. Pada akhirnya tingkat stres meningkat dan mengganggu hal lainnya dalam kehidupan kita. Mario Teguh mengungkapkan bahwa saat tingkat stres seseorang mencapai puncak, maka dia tidak akan tertarik lagi untuk melakukan sesuatu yang bahkan dia sukai.

Bepergian ke tempat yang berbeda dan baru dapat berfungsi untuk menyegarkan kembali mood anda. Dengan traveling, anda akan melakukan kegiatan kegiatan yang anda sukai tanpa harus terbebani pekerjaan yang membuat pikiran penat. Saat pikiran anda kembali segar, pekerjaan sesulit apapun akan mampu anda kerjakan dengan baik.

Anda bisa mendapatkan seluruh manfaat tersebut diatas. Namun, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar anda mendapatkan manfaat maksimal dari traveling. Hal apa sajakah yang dapat mengganggu waktu rekreasi anda?

• Rencana perjalanan yang tidak matang: Terkadang rencana perjalanan dadakan bisa berjalan dengan sukses. Tapi seringkali perjalanan rekreasi anda bisa berakhir mengecewakan. Jika anda tidak memiliki rencana perjalanan yang matang, anda akan kebingungan untuk menentukan lokasi wisata yang ingin anda kunjungi. Pada akhirnya anda hanya bermalas malasan di penginapan dan tidak melakukan apapun selain tidur.

• Terbuai oleh kesenangan saat berekreasi: Masalah ini mungkin sering dialami oleh para wisatawan yang datang dari tempat yang jauh. Terlalu menikmati suasana traveling justru dapat berakibat pada mundurnya rencana pulang atau hal buruk lainnya. Pada akhirnya anda sibuk mencari jalan keluar untuk mengakhiri liburan anda.

• Membawa pekerjaan saat bepergian: Traveling dimaksudkan untuk mnyegarkan kembali pikiran yang lelah. Manfaat ini tidak mungkin anda dapatkan jika anda membawa pekerjaan anda saat berlibur.

• Dana perjalanan yang tidak terkontrol: Saat anda traveling, besar kemungkinan anda akan berusaha untuk mencoba segala hal di tempat liburan anda. Kesalahan terbesar yang sering terjadi pada seorang traveler adalah menghabiskan dana transportasi pulang untuk hal lainnya. Tapi hal ini tidak menjadi masalah jika anda memang berniat untuk pindah tempat tinggal.

• Sibuk dengan pesanan orang lain: Saat orang orang terdekat kita mengetahui rencana perjalanan kita, mereka akan meminta oleh oleh. Terkadang ada juga yang meminta anda untuk membelikan sesuatu di tempat liburan nanti. Jika terlalu banyak orang yang minta dibelikan sesuatu, anda hanya akan menyibukkan diri anda untuk mencari barang yang dipesan teman teman anda. Ingat, anda ingin berlibur, bukan berpindah profesi menjadi seorang kurir.

Nah, itulah 7 hal positif dari traveling yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Sekarang giliran anda, kemana tujuan traveling anda selanjutnya?

Admin juga telah memposting tentang beberapa lokasi wisata yang menarik di pulau Jawa, bisa baca di sini. Doakan juga semoga admin kindleitalia.net bisa ikut keliling dunia tahun ini. Good luck!

Leave a Reply